5 Minuman untuk Meningkatkan Kesehatan Otak Rekomendasi Ahli

Pakar kesehatan secara rutin menyarankan untuk meningkatkan asupan makanan yang dikemas dengan nutrisi peningkat otak, yang meliputi salmon, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Tapi tahukah Anda bahwa ada sekumpulan minuman yang bisa Anda andalkan untuk mendukung kognisi juga? Untuk membantu Anda meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan, serta mengurangi risiko penurunan kognitif seiring berjalannya waktu, ahli diet yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Bianca Tamburello, membagikan minuman penambah otaknya favoritnya.

Dapat langsung dikenali dari rona emasnya yang berpigmen pekat, kunyit adalah bumbu yang dihormati dalam masakan India yang juga lezat saat disajikan dalam bentuk latte kunyit.

Rempah-rempah ini terkenal di komunitas nutrisi karena manfaat kesehatannya yang luas, dengan potensi meningkatkan otak di antaranya, sebagian besar berkat kurkumin, bahan aktifnya.

“Dalam studi 18 bulan, peserta yang diberi Theracurmin, suatu bentuk kurkumin, dua kali sehari mengalami peningkatan memori dan peningkatan perhatian,” kata Tamburello, seperti dilansir dari laman Well+Good.

Dia mencatat bahwa dua sifat kurkumin cenderung memfasilitasi manfaat ini.

Efek anti-inflamasinya, yang mengurangi peradangan kronis yang berbahaya; dan efek antioksidannya, yang memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Sebagai bonus tambahan, Tamburello mengatakan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kadar dopamin dan serotonin untuk meningkatkan suasana hati alami — jadi ada baiknya memesan atau membuat latte kunyit Anda sendiri.

“Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi anggur merah yang bertanggung jawab mungkin memiliki dampak positif pada kesehatan otak, sebagian besar karena resveratrol, antioksidan kuat yang berlimpah dalam anggur merah,” kata Tamburello.

“Resveratrol menawarkan efek perlindungan untuk membantu melindungi sel-sel otak dari zat berbahaya.

Ini juga memiliki sifat anti-inflamasi untuk membantu memerangi peradangan kronis yang terkait dengan penyakit tertentu, dan dapat membantu peningkatan memori dan suasana hati.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi anggur merah berkorelasi dengan penurunan kejadian penyakit neurodegeneratif yang terkait dengan stres oksidatif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Tetapi sebelum Anda terlalu bersemangat tentang kekuatan pelindung anggur, Tamburello mengingatkan bahwa minum berlebihan bukanlah cara yang tepat dan sebaliknya akan bertentangan dengan tujuan kesehatan Anda—kognitif dan sebaliknya.

Tentu saja, moderasi adalah kuncinya, sehingga dapat membantu untuk berbelanja opsi yang mempromosikan minum yang lebih sehat.

“Sebagai ahli diet terdaftar, saya merekomendasikan mencari anggur merah rendah gula yang dikemas dalam botol mini untuk kontrol porsi yang mudah,” ujarnya.

Buah beri telah dicoba dan benar-benar pembangkit tenaga antioksidan, dan memadukannya menjadi smoothie adalah cara yang sangat mudah untuk menikmati rasanya, mendukung asupan buah harian Anda, dan menikmati banyak manfaatnya untuk otak Anda dan kesejahteraan yang lebih besar.

“Blueberry sangat bermanfaat karena sangat tinggi antosianin, antioksidan yang memberi warna biru, ungu, dan merah pada buah beri,” kata Tamburello.

Dalam sebuah studi observasional yang menilai asupan berry pada orang dewasa yang lebih tua selama 20 tahun, para peneliti menemukan bahwa mereka yang melaporkan konsumsi blueberry dan stroberi yang lebih besar menunjukkan tingkat penurunan kognitif yang lebih lambat.

Temuan ini sebagian besar dikreditkan ke kandungan flavonoid yang tinggi dari buah beri, dengan anthocyanin dan anthocyanidins di antara mereka.

Buah beri juga bekerja ajaib untuk meningkatkan aktivitas otak.

“Dalam sebuah studi tahun 2014, orang dewasa yang lebih tua yang makan lebih banyak blueberry dan stroberi menunjukkan aliran darah yang lebih besar ke otak dan mengalami peningkatan memori,” kata Tamburello.

Sederhananya, mengisi buah beri adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mendukung kesehatan otak jangka panjang — jadi simpan campuran buah-buahan ini, baik segar atau beku, dan campurkan menjadi salah satu otak yang paling kuat.

meningkatkan minuman yang tersedia.

“Kafein adalah komponen dalam kopi yang dapat mengambil banyak manfaat kopi untuk meningkatkan otak,” kata Tamburello.

“Ini meningkatkan aktivitas otak dan sumsum tulang belakang dan membuat kita lebih waspada dengan secara aktif memblokir adenosin, bahan kimia alami yang menyebabkan perasaan mengantuk.” Lebih baik lagi, Tamburello berbagi bahwa asupan kafein dapat meningkatkan fungsi kognitif dan suasana hati serta melindungi terhadap demensia dan penyakit Alzheimer.

“Satu studi menunjukkan bahwa 38 hingga 400 mg kafein adalah titik manis dalam mengoptimalkan manfaat dan meminimalkan risiko seperti dehidrasi, sakit kepala, dan kecemasan,” tambah Tamburello, mencatat bahwa satu cangkir kopi mengandung sekitar 95 mg kafein.

“Kita tidak dapat berbicara tentang minuman penambah otak tanpa menyebutkan air dan pentingnya hidrasi, karena tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa air yang cukup,” kata Tamburello.

“Bahkan dehidrasi ringan dapat mengurangi tingkat energi, berdampak negatif pada kinerja kognitif dan memori, dan meningkatkan kecemasan.” Selain itu, sebuah penelitian kecil terhadap peserta wanita sehat menemukan bahwa hidrasi yang tidak memadai dikaitkan dengan peningkatan persepsi kesulitan tugas dan penurunan kemampuan berkonsentrasi, serta penurunan suasana hati.

Dengan kata lain, jika Anda ingin otak Anda tetap tajam dan mengatur suasana hati Anda, isi botol air Anda secara teratur sepanjang hari.

Related Posts

Ketika Mata Lelah Akibat Aktivitas Digital, Insto Dry Eyes Solusinya

Ketika Mata Lelah Akibat Aktivitas Digital, Insto Dry Eyes Solusinya

Dalam era digital saat ini, kegiatan yang melibatkan penggunaan perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, dan tablet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, bersamaan dengan…

Florence Pugh Pakai Gaun Berkilau Valentino di Festival Film Venesia

Penampilan Florence Pugh dengan gaun Valentino ini sedikit berbeda dengan penampilan sebelumnya di Valentino Haute Couture

Avril Lavigne Raih Hollywood Walk of Fame Tampil Kasual Glam Pakai Hoodie

Avril Lavigne memakai hoodie Skateboarding is not a crime, seperti di kaus yang dia pakai 16 tahun yang lalu

4 Fakta Choi Soo Young yang Berperan Sebagai Perawat dalam If You Wish Upon Me

Choi Soo Young rutin olahraga demi perannya sebagai Seo Yeon Joo dalam drama If You Wish Upon Me

Stella McCartney Rilis Merek Kecantikan, Diklaim Vegan dan Bebas Kekejaman

Stella McCartney tidak hanya memperhatikan bahan untuk produk perawatan kulitnya, tapi juga kemasan dan transportasi.

5 Potongan Rambut yang Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

Dari poni pendek hingga bob tanpa layer, lima potongan rambut ini menonjolkan penuaan di wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *